Minggu, 18 Maret 2012

BAGAIMANA KITA SEHARUSNYA BERGAUL?

Apa sih definisi Gaul?
Gaul adalah sebuah kata yang sering dipakai anak muda dalam kehidupan lingkungannya. Kalau prosesnya disebut pergaulan. Dalam pergaulan inilah bisa kita temukan anak muda suka menyebut kata gaul dalam hubungan dengan teman-temannya. Secara istilah gaul adalah kegiatan aktif dalam mencari kesempatan untuk menemukan orang-orang yang menarik untuk diajak membina hubungan sosial.
Esensi dalam bergaul adalah proses yang berlanjut dan tidak ada matinya dalam membina hubungan dengan orang lain. Gaul juga berarti menjaga agar hubungan yang terbina akan terpelhara, yang pada akhirnya menguntungkan semua pihak.
Kenapa Perlu Bergaul?
Dalam ilmu sosiologi manusia adalah Homo Socius (Makhluk Sosial). Artinya makhluk yang tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu manusia membutuhkan orang lain dalam menjalani hidupnya, baik dalam pekerjaan, hubungan sosial, pendidikan, seni dan budaya serta berbagai hal dalam hidup ini.
Dengan bergaul kita akan mendapatkan banyak informasi yang belum kita ketahui dalam hidup ini. Informasi yang kita akan dapatkan dari teman kita adalah sebuah inspirasi bagi hidup kita. Selanjutnya kita mendapatkan banyak relasi dan jejaring sosial / network. Di situlah kelebihan kita dalam bergaul. So…!! Kita jangan seperti Katak Dalam Tempurung yah…!!” Coz skill kita tidak akan diketahui sama orang lain. Nanti kita akan hidup statis dan tidak tercium baunya.
Berapa Banyak Teman dan Sahabat Anda?
Kualitas hubungan sosial seseorang bisa dilihat seberapa banyak teman yang dimilikinya. 10, 100, 1000 atau bahkan lebih dari itu. Akan tetapi tidak hanya banyak, ditambah juga mencari teman memiliki kualitas hidup atau bahkan kita bergaul dengan orang-orang yang berpengaruh, seperti : para dosen, kepala sekolah, tokoh masyarakat, para pejabat, para ketua organisasi dan sebagainya. Kenapa demikian? Karena jika bergaul dengan mereka yang pengalaman hidupnya lebih awal dan lebih banyak dari kita, maka kita dapat menimba ilmu dan strategi dalam menghadapi hidup ini. Betul tidak..??
Oh.. lupa..!! jangan miliki satupun musuh atau kita yang membuat permusuhan dengan teman kita. Jaga selalu hubungan dengan teman kita. Kata orang bijak “Punya satu musuh itu terlalu banyak daripada punya teman seribu”. Nah… kesimpulannya jagalah Baik teman jauh maupun teman dekat, kita harus selalu memelihara dan menjaganya baik-baik.
Bagaimana Pandangan Islam Dalam Mencari Teman atau Bergaul?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar