Minggu, 18 Maret 2012

MENGHADAPI KARAKTER YANG BERBEDA

Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa melihat karakter seseorang itu berbeda-beda. Ada yang pemarah, pendiam, supel, ingin memonopoli  dan banyak lagi karakter yang dimiliki manusia. Terkadang sih karakter itu yang kita hadapi sangat dominan, bahkan kita terbawa arus dari kekuatan karakter orang tersebut.
Contoh kasus, dalam sebuah organisasi, ada seorang bawahan yang kuat dalam menghadapi karakter atasannya. Tapi kekuatan pertahananya ambruk karena dominannya kekuatan arogan dan otoriternya sang pimpinan. Oleh karena itu, kita tidak bisa menyalahkan si atasan sepenuhnya karena si bawahan tersebut belum bisa beradaptasi dengan situasi yang dia tidak inginkan. Solusinya adalah dia harus memahami kembali mengenai karakter manusia itu berbeda-beda.
Melihat kasus di atas bahwa kita harus lebih memahami pengetahuan tentang karakter seseorang terus kita paktikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan praktek langsung, kita akan merasakan betapa ragamnya perbedaan itu. Selanjutnya kita akan memahami betul akan karakter seseorang yang kita kenal.
Cara menghadapi karakter yang berbeda itu kita harus sering bergaul dengan orang lain, dengan bergaul pasti kita lambat laun akan dapat mempelajari dan memahami secara otomatis setiap perilaku orang lain. Kalau secara teori sih sebagai berikut:
1.    Kita harus memahami bahwa setiap manusia diciptakan dalam perbedaan terutama dalam karakter
2.    Kita harus memiliki komunikasi yang terarah dan hati-hati alias jangan ceplas-ceplos
3.    Kita harus mengenal utuh siapa yang kita hadapi baik atasan atau bawahan
4.    Kita harus memiliki prinsip dalam bergaul jangan asal bergaul, artinya harus bermanfaat
5.    Kita hadapi karakter yang keras dengan kelembutan yang disesuaikan dengan kondisi
6.    Selalu menunjukan keceriaan kepada lawan bicara kita, sembunyikanlah hal-hal negatif yang kita alami, kecuali hanya hal-hal yang tidak penting
7.    Kita selalu berkenalan dengan orang baru setiap hari dengan ramah dan penuh keakraban.
8.    Selalu mencoba dan bersabar

“Orang yang hebat itu adalah orang yang memahami dan mempelajari karakter setiap orang lalu bercermin mengenai karakter sendiri lalu melakukan interaksi dengan penuh kesabaran.” (M. Robi.B)
“Karakter manusia sangat beragam, maka lihatlah karakter anda yang paling baik, lalu asahlah setajam-tajamnya” (M. Robi.B)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar